Bahasa Inggrisnya Patungan

It Is Me Artinya

Halo teman-teman kali ini saya mau sharing mengenai arti dari it is me, kemudian juga saya akan membahas, sebenarnya yang benar itu apakah "It is me" atau "It is I" sih? 

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Kebetulan saya menemukan tulisan "It is I" ketika saya sedang membaca novelnya Ernest Hemingway yang judulnya The Torrents of Spring, saya skrinsutkan dan saya tandai dengan kotak warna merah pada gambar di bawah ini ya,

It Is Me Artinya

Di bagian yang saya kotakkan warna merah, disitu kalimatnya adalah, "Lucy," he called, "it is I, Scripps." Tapi sekarang kita akan bahas dulu yuk arti dari it is me itu.

Arti It Is Me

Arti dari it is me itu adalah "ini saya". Nah sudah artinya itu. Jadi kalau ada orang yang berkata, "it is me, Iman", artinya adalah "ini saya, Iman".

Jadi saya buat quote aja di sini, arti dari it is me,
Ini saya.
Oh iya biasanya it is itu penulisannya disingkat menjadi it's, jadi kalau teman-teman melihat "it's me" itu sama saja dengan "it is me". Sekarang mari kita bahas yuk, yang benar itu "it is me" atau "it is I" sih? Buat teman-teman yang biasa mendengar atau menonton bahasa Inggris pasti sering mendengarnya, atau pastinya lebih familiar dengan "it is me" atau "it's me" kan? Lalu kenapa di novelnya Ernest Hemingway dia menggunakannya "it is I" dan bukannya "it is me?"



It Is Me atau It Is I Yang Benar?

Saya kemudian browsing dan mencari tahu mengenai hal ini, dan mendapati ada salah satu artikel dari Grammar Girl yang judulnya "It Is I" Versus "It Is Me". Di artikel tersebut dijelaskan ternyata secara grammar itu yang benar adalah "It Is I" lho ternyata.

Jadi ada aturan grammar yang namanya predicate nominative, dimana predicate nominative itu adalah kalau ada pronoun yang letaknya terletak di objek kalimat namun sebelum pronoun itu ada linking verb maka setelahnya harus menggunakan subject pronoun. Jadi itulah mengapa yang tepat adalah "it is I" dan bukan "it is me".

Kita bisa mendengarkan juga penjelasan dari kamus Merriam-Webster pada video di bawah ini,


Di video tersebut juga dijelaskan bahwa aturan grammar ini sebenarnya diambil dari aturan grammarnya latin, sementara aturan grammar bahasa Inggris tidak begitu. Karena memang bahasa Inggris banyak sekali mengambil kata-kata yang berasal dari latin, sehingga aturan grammarnya juga banyak juga yang mengikuti.

Dan di video tersebut juga dijelaskan bahwa kalau untuk yang formal gunakan "it is I" sementara kalau untuk yang informal atau percakapan sehari-hari, gunakan saja "it is me" atau "it's me".

Memang kalau kita sudah berbicara mengenai aturan yang benar, kita juga sebagai orang Indonesia masih banyak yang salah lho ketika menggunakan bahasa kita sendiri. Contohnya saja misalnya pada penggunaan jam. Teman-teman lebih sering menggunakan kata "jam" atau "pukul" ketika bertanya mengenai waktu. Yang mana dari dua kalimat ini yang biasa kalian gunakan? Apakah yang "Sekarang jam berapa?" ataukah kalimat ini, "Sekarang pukul berapa?". Saya yakin 95% orang Indonesia lebih banyak menggunakan yang pertama, "Sekarang jam berapa?" ketimbang yang kedua, padahal yang pertama itu salah lho. Yang benar itu adalah "Sekarang pukul berapa?", karena "pukul" itu digunakan untuk menunjukkan waktu sementara "jam" itu digunakan untuk menunjukkan durasi, misalnya, "Perjalanan dari Bogor ke Jakarta memakan waktu 2 jam." Nah di situ baru kita menggunakan "jam" yang benarnya. Tapi ya namanya bahasa kan salah satu unsur dari bahasa adalah arbitrer atau mana suka, dan juga bahasa merupakan kesepakatan dari para penggunanya. Kalau penggunanya sepakat begitu, walaupun ditetapkan aturan oleh para ahli bahasa, ya tetap saja di keseharian akan digunakan yang kita nyaman kan? Makanya kamus Merriam-Webster menjelaskan kalau untuk keseharian, gunakan saja "it's me" dan kalau untuk yang formal, gunakan "it is I".

Jadi kurang lebih seperti itu penjelasannya mengenai yang mana yang benar, apakah "it is me" atau "it is I". Kalau begitu saya sudahi dulu ya sharing dari saya di artikel it is me artinya ini. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya dan wassalam.

Komentar