Arti Good At

Arti Hoop

Hello everyone, how are you? Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa a.k.a Pak Guru Iman. Kali ini kita akan membahas arti dari kata [hoop], yang kebetulan saya temukan saat saya menonton film. Nanti kita juga akan menonton cuplikan adegan dari film tersebut.

Arti Hoop

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Kalau begitu mari kita bahas. 

Pengertian Hoop

Kita lihat ke kamus Merriam-Webster pada screenshot di bawah ini yuk.

Penjelasan Hoop

Ada beberapa arti dari hoop, tapi yang kita akan bahas kali ini adalah istilah hoop dalam artian slang yang kalau di penjelasan dari kamus Merriam-Webster adalah yang nomor 4 yaitu,
Permainan bola basket. — biasanya ditulis dalam bentuk plural (hoops).
Nah, kalau kalian menonton film-film Amerika, biasanya mereka mengatakan permainan bola basket dengan istilah [hoops], misalnya mereka mengatakan,
Wanna shoot some hoops?
Yang artinya adalah,
Mau main basket ngga?
Di sini sebenarnya kalau diartikan secara kata per kata [wanna shoot some hoops] artinya adalah,
Mau menembak beberapa lingkaran?
Hoop itu adalah lingkaran di papan basket di mana bola basket biasanya diarahkan ke situ, dan kemudian mungkin mereka jadi membuat hal tersebut menjadi sama artinya bahwa [hoop] itu adalah [permainan bola basket].

Kalian bisa menonton cuplikan adegan yang saya embedkan di artikel saya yang berjudul Arti Shoot Some Hoops.

Di situ, kalian akan menonton dua buah cuplikan adegan yang saya ambil dari film sehingga kalian bisa lebih memahami istilah slang dari [hoop] ini.

Berikutnya kita akan melihat contoh-contoh dari adegan film, youtube video atau yang lainnya di mana diucapkan kata [hoop] ini.

Contoh Penggunaan Hoop Di Adegan Film

Contoh yang pertama, dari film serial TV, Blackish, Season 1 Episode 1. Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.

Di adegan ini terjadi percakapan antara ayah dan anak. Ayahnya ingin anaknya bermain bola basket, karena biasanya orang kulit hitam itu kan dikenal karena permainan bola basketnya. Tapi ternyata anaknya memilih bermain field hockey.

Ayahnya berkata seperti ini,
We were hoopin' all summer long.
Yang artinya adalah,
Kita kan main basket sepanjang musim panas ini.
Kemudian anaknya ngomong seperti ini,
Anyway, I thought about playing hoop, but all my friends are fee-hocking it this year.
Yang kalau diterjemahkan artinya adalah,
Aku juga awalnya mikir mau main basket, tapi semua temanku pada main hoki lapangan tahun ini.
Nah, jadi di adegan ini kata [hoop] itu berarti bermain bola basket.

Contoh yang kedua, dari film New Girl, Season 3 Episode 7. Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.

Di adegan ini, kalian bisa lihat setelah si coachnya ngomong [hoops] lalu kemudian ada cuplikan adegan si Winston lagi coba menggenggam bola basket. Nah, jadi [hoops] itu artinya adalah [permainan bola basket] untuk konteks di cuplikan adegan ini.

Contoh yang ketiga, dari film Blackish, Season 1, Episode 7. Yuk mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Di adegan ini, kata [hoops] tidak bisa diartikan sebagai [bola basket] tapi di adegan ini kata [hoops] diartikan sebagai [anting-anting]. Si Rainbow memuji anting-anting yang dipake sama Janine dengan ngomong gini,
Your hoops are pretty.
Coba kalau diartikan sebagai bola basket, kan ngga nyambung kan? Dan juga ngga ada bola basket juga seperti yang kita lihat pada cuplikan adegan tersebut.

Jadi, memang kita harus melihat terlebih dahulu ke konteksnya, ngga bisa setiap kita ketemu kata [hoops] pasti selalu terjemahannya [bola basket] karena kalau kita seperti itu, tiap ketemu kata [hoops] kita terjemahkan sebagai [bola basket] maka kita akan salah menerjemahkan untuk yang adegan ini.

Saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari kata [hoop] ini. Kalau nanti saya menemukan lagi contoh-contoh yang lain di mana diucapkan kata [hoop] ini, Insya Allah, akan saya update lagi artikel ini.

Kalau begitu sampai ketemu lagi, and I'll see you soon. Bye now.

Komentar